Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

Wisuda angkatan ke se-sebelas (INTENSITY) pon pes Ummu Quro Al-Islami

Oleh :Arif Abdurrahman
Dalam rangka memberikan penghargaan sekaligus perpisahan kepada santri dan santriawati kelas akhir MA Ummul Quro Al-Islami, setelah berhasil belajar selama 4 dan 6 tahun di Pondok Pesantren Ummul Quro ini, setiap tahun pon-pes Ummul Quro mengelauarkan anak didik dan menggelar acara wisuda untuk santri kelas akhir nya, setelah selesai menjalankan tugas dan kewajibnnya di pondok pesantren ini, kini mereka tibalah di hari yang penuh perasaan sambil mengikuti acaa wisuda rasa sedih, senang, bangga, dan rasa kagum tercampur aduk menjadi satu rasa, semua itu tidak lepas dari perasaan-perasaan lain yang ikut terpadu di hari yang penuh perasaan ini.

Acara wisuda ini digelar dan di selenggarakan di gedung serba guna (GSG) dan dihadiri oleh para wali santri kelas akhir, para tamu undangan dan majlis guru Ummul Quro Al-Islami, Migugu (2/5/10).

Beberapa menit sebelum acara resmi dibuka, sambil menunggu para tamu undangan dan menghibur para hadirin yang datang lebih awal, acara di awali dengan hiburan-hiburan yang diisi oleh tim gambus dan tim marawis Ummul Quro yang di wakili oleh santri kelas satu dan santri kelas dua, hingga beberapa menit kemudian acara resmi dibuak oleh dua orang Master of ceremony Ust. M Hilmi dan Ust. Ridwan Agus Stiawan. Pembukaan acara di awali dengan lantunan kalam ilahi yang dilantunkan oleh Yusi Nur Faidah yang di teruskan pembacaan sahlawat Nabi yang di bacakan langsung oleh tim sahlawat Ummul Quro.

Acara selanjutnya adalah acara yang di tunggu-tunggu yaitu acara smbutan-samutan adapun sambutan yang pertama dibawakan oleh perwakilan dari wisudawan dan wisudawati yang di wakili oleh wisudawan Fajrurrahman, dalam penyampayannya beliau mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para Mjlis Guru dan dari berbagai pihak yang telah mengasuh, memberikan yang tebaik bagi mereka dan beliau juga mengatakan tanggung jawabnya sebagai alumni Ummul Quro sangatlah berat jika dibandingkan dengan tanggung jawabnya ketika mereka masih santri.

Setelah sambutan perwakilan dari wisudawan dan wisudawati, sambutan ini diteuskan dengan sambutan perwakilan dari wali santri wisudawan dan wisudawati yang di wakili oleh Ust. H.Khoiriddin Ibn Jamad yang dalam penyampaiyannya beliaumenyampaikan bahwa pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang kompeten terbilang murah tetapi berkualitas lain dari sekolah-sekolah yang ada di luar, ini adalah salah satu perbedaan yang sangat nyata “kami bersukur anak-anak kami bias beljar disini dengan modal yang tidak telalu banyak tapi anak-anak kami bias belajar dengan tenang dan nyaman” ujarnya.

Khutbatul Wada yang di nanti-nanti oleh para wisudawan dan wisudawati akhirnya diisi oleh Pimpinan Pesantren KH Helmi Abdul Mubin Lc. Beliau menyampaikan bahwa santri wisudawan dan wisudawai sudah dididik untuk beribadah mengaji, shalat tahajud, membaca ratib, dan pelajaran-pelajaran agama lainnya, santri wisdawan dan wisudawati tinggal meneruskannya di rumahnya masing-masing dan pesannya, jangan sampai para alumni Ummu Quro putus dengn hal-hal ini. Para wisudawan dan wisudawati juga bias meneruskan belajarnya ke perguruan-perguruan tinggi dalam negri maupun di luar negri seperti ke IPB, UIN Jakarta UIN Bandung atau mungkin kelaur negri seperti ke Libiya, Yaman, Mesir, dan perguruan tinggi lainnya. “anak-anakku harus waspada akan alairan-alairan yang menyesatkan karena anak-anakaku akan di uji dan anak-anakku harus istiqomah di dalam ahlisunahwalljamaah” tandasnya.

Pemberian hadiah kepada wisudawan dan wisudawati terbaik yang diberikan langsung kepada wisudawan dan wisudawati berprestasi, hadiah wisudawan dan wisudawati yang berprestsi ini jatuh kepada wisudawan Ahmad Subagaja Wiratama P dan wisudawati Aliyah Sakinah sebagai wisudawan dan wisudawati terbaik di taun ini, pemberian hadiah diberiakan langsung oleh Pimpinan Pesantren KH. Helmi Abdul Mubin Lc.

Orasi Ilmiah oleh Guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Dede Rosada beliau berpesan kepada peserta wisudawan dan wisudawati, anak-anak wisudawan dan wisudawati lanjutkanlah study kalian ke jenjang yang labih tinggi walau anak-anaku kurang mampu dalam segi ekonomi, beliau mengatakan manjada wajada “barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkannya” dan sekarang akan-anak menjadi alumi Ummul Quro harus bersungguh-sunggh dalam melajutkan belajarnya menuju pendidikan selajutnya maka isya Allah para alumni Ummul Quro akan menemukan jalan keluarnya, “anak-anakku kalian tidak boleh inferior walau kalaian tidak superior bersikaplah egaliter, optimis dan mau berprestaisi” tegasya.

Ceramah agama yang disi oleh ustadz Al-habsiy yang dalam tausianya beliau menyampaikan ada beberapa hal yang membuat kita semua sukses salah satunya yaitu meminta keridhoan kedua orang Tua dan keridhoan guru atau Ustadz yang telah mengajari kita semua “iangatlah keridhoan orang tua sangatlah penting, karena jiak seandainya kita berhasil meminta keridhoan kedua orang tua maka kita berhasil memuka pintu langit yang seluas-luasnya disanalah do’a kita akan didengar oleh Allah dan insaya Allah akan diakabulkan oleh Allah SWT” ujarnya.

Acra prosesi wisudawan dan wisudawati menjadi puncak acara, dimana para wisudawan dan wisudawati satu persatu naik ke atas panggung untuk menerima mendali dan sebuah buku berwarna hitam yang didalamnya berisi hasil jerih payah mereka belajar selama 4 dan 6 tahun di Pesantren. Mendali dan buku tersebut di berikan langsung oleh pimpinan Pesantren KH. Helmi Abdul Mubin, Lc serta kepala sekolah Madrasah Aliah Ust. Fauzi Marhawi S.Ag. Di akhir acara, acar ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin langsung oleh Al-Habib Mustofa Al-Idrus beliau tidak hanya mebacakan do’a akan tetapi beliu sempat menyampaikan pesan-pesannya kepada wisudawan dan wisudawati, selain mendo’akan para peserta wisuda beliau juga mendoakan pimpinan pesantren agar sehat selalu dan bias melaksanakan kewajbannya sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar