Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

Habis Liburan Eskul DIbuka

Habis Liburan Ekskul Dibuka
oleh : Arif Abdurrahman
Ektrakulikuler merupakan sarana dan prasarana untuk memberikan fasilitas dan kegiatan yang layak, serta mengarahkan perkembangan potensi dan skill para santri Ummul Quro, baik secara fisik ataupun nonfisik. Disamping itu, santri juga diwajibkan untuk mengikuti dan memilih kegiatan extrakulikuler yang ada di pesantren, seperti kegiatan Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), pencak silat Cimande dan kegiatan-kegiatanlainnya. Kegiatan extrakulikuler tersebut dilaksanakan diluar jam pelajaran. Dan biasanya dilaksanakan pada hari sabtu setelah makan siang hingga sebelum matahari terbenam, pembukaan kegiatan extrakilikuler ini dilaksanakan oleh Majelis Pembimbing Oganisasi (MPO), dan di gerakan oleh para pengurus khususnya bagian Pengajaran yang memiliki tanggung jawab penuh atas berjalannya acara pembukaan exrakuikuler ini.
Setelah liburan bulan Ramadhan buln lalu, para santri berdatangan dengan suasana Pesantren yang belum aktif, karena estrakulikuler di Pesantren belum di aktifkan, dengan segera Ust. Hisyam Harliana selaku ketua Majlis Pembimbing Organisasi (MPO) menggerakan dan mengarahkan para pengurus untuk merealisasikan dan mengaktifkan kembali kegiatan extrakulikuler di Pesantren Ummul Quro ini, kegiatan ektrakulikuler ini di buka dan di tujukan agar para pengurus bisa melaksanakan program kerja yang sudah di susun sebelumnya serta memberikan wadah bagi para santri untuk mengasah, melatih dan mengembangkan bakatnya masing-masing, “eskul yang ada di Pondok Pesantren kita ini sudah bisa di bilang lengkap walau masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus kita perbaiki, seperti faktor pengontrolan, pelatihan, dan faktor pembimbingannya” ujar Ust Harliana, beliau juga berharap bahwa para pengurus mengedepankan niat yang ikhlas, konsisten dalam melaksanakan tugas, konsisten dalam pengontrolan dan konsisten dalam mencetak regenerasi yang lebih unggul kepada adik-adik kelasnya.
Pada hari Minggu setelah melaksanakan shalat isya, para santri berdesakan di Gedung Serba Guna (GSG) Ummul Quro bersamaan dengan itu para santriawati pun memenuhi Masjid Ummul Quro untuk mengikuti acara pembukaan ektrakulikuler ini, tempat dan acara pembukaan antara santriawan dan santriawati yang terpisah tidak mengurangi semangat para pengurus untuk merealisasikan acara ini. Pembimbing organisasi bagian pengajaran Ust. Suryadi menegaskan kepada seluruh pengurus ISPA ataupun ISPI agar lebih di aktifkan kembali eskul di Ummul Quro ini dan kalau bisa semua santri di salurkan bakat dan talenta mereka dengan cara menggerakan eskul yang telah ada di Pesantren “menurut saya eskul di Ummul Quro ini sangat bagus karena dari sekian banyak santri Ummul Quro maka banyak pula sekil dan talenta yang harus di miliki santri Ummul Quro itu sendiri, apalagi eskul di Pesantren ini eskul yang memang di masyarakat sangat di butuhkan dan di pakai, seperti eskul-eskul keagamaan contohnya, kegiatan muhadoroh, jamiatul khitobah, dan juga pembelajaran menjadi seorang qori (jamiatul quro)” tandasnya, 2 Oktober 2010.
Ketua bagian Pengajaran Ahamad Fahrul Sidik mengatakan bahwa perkembangan bakat dan sekill para santri sangatlah penting, dengan di dukung fasilitas dan ektrakulikuler di Pesantren ini. Jika seandainya para santri mengikuti extrakulikuler ini dengan serius maka para santri bisa memiliki talent masing-masing di dalam eskul yang ia ikuti, “harapan saya terhadap para santri di Ummul Quro ini antaralain adalah, tetap semangat untuk mengikuti kegiatan extrakulikuler di Pesantren ini dan jangan di jadikan beban buat antum, yakin bahwa suatu saat nanti kegiatan ketrakulikuler ini bakal bermanfaat buat antum-antum semua” tegas Fahrul.
Acara terus berjalan sampai selesai, dengan di tampilkannya para da’i Ummul Quro yang menyampaikan tausiahnya serta mengajak para santri agar bisa mengikuti kegiatan ektrakulikuler yang ada di Pesantren Ummul Quro ini, selain itu dalam kesempatan ini hiburan-hiburan pun tak lupa panitia tampilkan, yang mana penampilan ini di ambil dari kegiatan extrakulikuler itu sendiri seperti penampilan kosidah, drum band, marawis, atraksi para pendekar Cimande, dan puisi musical yang di tampilkan oleh bagian perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar