Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

Tarling Warnai Idul Adha di Pesantren Ummul Quro

Oleh : Arif Abdurrahman
Malam takbir, bersorak gembira para santri Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami mengikuti TARLING (Takbir Keliling) yang biasa di laksanakan pada malam Idul Adha, (16/11) lalau, acara yang bertemakan Al-Fitoru Watakbirudauri Biatina Fii Dzikri Haflati Bi’Idul Adha (buka bersama dan takbir keliling dalm rangka menyambut hari raya Idul Adha, sukses direalisasiskan oleh para pengurus masa bhakti 2010-2011.
Berawal dari dikumpulkannya para santri di tengah lapangan untuk menerima nasehat dari Majelis Pembimbing Organisasi (MPO) Ust. Ahmad Hisyam Harliana dan diteruskan melepaskan para santri dengan cara mengelompokannya kedalam masing-masing angkatan, di dalam nasehatnya Ust. Harliana berpesan kepada seluruh santri agar dari setiap peserta dapat mempersembahkan yang terbaik, menjaga kekompakan dan tidak melakukan kerusuhan apapun agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan “acara ini sudah menjadi sunnah di Pesantren, hal ini menjadikan kewajiban kita sebagai pengurus untuk menjalankannya” tandas Hamdani selaku ketua pelaksana.
Berbeda dari tahun sebelumnya, acara yang biasanya hanya melakukan perjalanan berkeliling melewati pasar lewiliang, kali ini acara di tambah dengan Tanya jawab masalah hukum bersama Ust. Subakhir Khoiri dan buka bersama dengan para mualim, setelah berbuka shalat maghrib dan shalat isya acara ini disambung dengan acara inti yaitu berjalan mengelilingi wilayah sekitar Pesantren dan melewati pasar Leuwiliang. Sementara itu para panitia sibuk mengatur dan menilai kekompakan dari tiap-tiap angkatan yang mengadu kebolehannya dalam bertakbir, mengadu keunikan dari mascot yang mewakili masing-masing angkatan, selain itu, Polisi dan Dinas Lalulintas Angkatan Jalan (DLLAJ) juga ikut sibuk mengamankan jalan lalulintas yang dipadati para santri Ummul Quro “acara ini cukup seru, karena masyarakat merasa terhibur dengan penampilan para santri yang berkeliling melewati pasar ini” papar Dede Pariduddin, Pedagang bakso di Pesantren Ummul Quro.
Setelah berkeliling para santri berkumpul kembali di lapangan untuk mengikuti lomba tabuh bedug yang diiringi dengan lantunan takbir. Acara ini diakhiri dengan pembagain hadiah dari panitia kepada angkatan yang mendapatkan prestasi dalam acara ini.

1 komentar: