Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

Setiap Akal Yang Sehat Berada Dalam Tubuh Yang Kuat

oleh : Arif Abdurrahman & Ihsan

Kesehatan adalah harta yang sangat berharga bagi kita semua, mengapa demikian? jikalau hidup tanpa kesehatan bagaikan ikan didaratan, dan semangat hidup kita akan pudar begitu saja, jika kita hidup tanpa kesehatan maka bagaimana jadinya hidup kita ini, pikiran kitapun akan terganggu oleh penyakit yang menyerang tubuh kita, kesehatan lebih penting dari segala isi dunia ini, tanpa kesehatan tak akan ada orang yang hidup, hidup ini perlu kesehatan karena hidup sehat akal pikiran kitapun akan jernih untuk berpikir cemerlang, untuk merenung, dan bertafakur.

Coba kita lihat rumah sakit, dengan melihat keadaan rumah sakit yang dipadati oleh pasien, dari sana kita bisa mengambil pelajaran bahwa sehat itu sangat mahal harganya. Dengan begitu kita bisa menyadari bahwa penyakit adalah perkara yang harus kita jaga dan kita hindari, selain bisa membuat kita menjadi terus terbaring karena lemah, penyakit juga bisa mengantarkan kita ke liang lahad atau membawa kita kepada kematian hi… serem, oleh karena itu, jangan sampai kita semua jatuh sakit.

Ketika kita memandang keadaan kita yang sangat sehat ini maka kita harus bersyukur, karena Allah telah memberikan kesehatannya kepada kita yang menjadi makhluk ciptaanya. Begitu juga dengan akal pikiran kita, karena akal pikiran kita yang sehat berada dalam tubuh yang sehat. Akal adalah ujung tombak bagi segalanya, karena semua yang kita pikrkan dan apa yang akan kita lakukan berawal dari pikiran kita, pikiran kita yang sehat bisa membawa kita ke pekerjaan yang sehat serta menjaga kita dari hal-hal yang negatif, apabila pikiran kita yang tidak sehat bisa membuat kita selalu berfikiran negatif, keadaan akal kita yang tak sehat pasti akan menimbulkan stress, dan dengan keadaan kita yang stress bisa memandang sebuah masalah dengan begitu menjagal di dalam pikiran kita, sehingga akal pikiran kita pun terganggu dan menimbulkan akal pikiran yang tidak sehat ini terus menghantui setiap orang yang lemah.

Tahukah sesungguhnya dibalik sehat dan sakit sebenarnya ada anugerah nya loh. Mungkin Allah SWT memberikan penyakit kepada kita semua semata-mata untuk menguji kesabaran dan ketabahan kita dalam menghadapi penyakit.

Nah, bagaimana caranya kita bisa mengatur pola hidup kita yang sehat? Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam hadisnya yang berbunyi “Ingat lima perkara sebelum lima perkara” yang mana salah satu dari lima perkara tersebut ialah sehatmu sebelum datang sakitmu.

Oleh karena itu kita harus memanfaatkan keadaan sehat ini untuk hal-hal yang bermanfaat juga positif, rahasia sakit yang begitu menakjubkan salah satunya terhapuslah sebagian dosa-dosa kita dalam hidup ini. Tak usahlah kita berpatah hati atau putus asa ketika sakit dan berfikiran bahwa Allah sudah tidak menyayangi kita lagi, justru sesbenarnya dengan keadaan kita yang sakit secara tidak langsung Allah telah menegur kita lewat sakit yang alami, hal itu agar kita bisa ingat lagi kepada Allah SWT oleh sebab itu janganlah berfikiran yang negatif dan jangan pula bersedih karena Allah memberikan kita penyakit bukan untuk di sedihkan akan tetapi untuk di sembuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar