Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

IKAPMI TENTUKAN PEMIMPIN BARU PRIODE 2010-2015

Oleh : Arif Abdurrahman
Untuk menentukan ketua umum IKAPMI (Ikatan Alumni Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami) priode 2010-2015 beserta wakilnya, para alumni Pondok Pesantren Ummul Quro berbondong-bondong datang ke Pesantren Ummul Quro guna menghadiri pemilihan ketua IKAPMI priode 2010-2015 yang berlangsung di dalam Gedung Serba Guna (GSG) Pesantren Ummul Quro, sebagian besar alumni berdatangan satu hari sebelum hari pelaksanaan. Minggu, tepat pukul 09:15 WIB acara resmi di buka oleh Master of ceremony Ust. Dickiy Mulyanto dengan di bacakannya surat Al-ftihah secara bersama-sama, setelah pembukaan acara langsung di lanjutkan dengan pembacaan shalawat yang di lantunkan oleh Ust. Suryadi, lagu wajib nasional Indonesia Raya dan lagu Hymne oh pondoku juga ikut tampil di awal setelah pembacan shalawat ini, lagu-lagu ini di nyanyikan oleh tim paduan suara santriwati Pesantren Ummul Quro Al-Islami.
Acara di lanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama di isi oleh ketua panitia pemilihan pemimpin IKAPMI priode 2010-2015 Ust. Umar M fadhiel, di dalam sambutannya beliau menceritakan tentang kehidupan santri di masa lampau dan kehidupan santri di masa sekarang, dan sejak dahulu hingga sekarang santrilah yang selalu di calonkan untuk menjadi seorang pemimpin alim ulam dan mrupakan warisan dari Rasulahllah SAW, “ketua IKAPMI harus yang benar-benar kompeten dalam segala hal” ujar Ust. Umar Fadil. Beliau juga mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap pimpinan Pesantren dan semua pihak yang mendukung dan membantu berjalannya acara pemilihan ini.
Sambutan yang kedua yaitu sambutan ketua IKAPMI demisioner/Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) ketua IKAPMI demisioner masa bhakti 2005-2010 oleh Ust. Saiful Falah, di dalam sambutannya Ust. Saiful Falah mengungkapkan dan menjelaskan kekurangan-kekurang dan prestasi-prestasi yang di raih oleh IKAPMI di masa 2005-2010 salah satunya adalah suksesnya acara reuni akbar yang terlaksana pada 25 September 2010 lalu, beliau juga bercerita tentang rapat IKAPMI yang telah terlaksana pada tahun 2006, yang mana rapat tersebut telah merumuskan tentang keadaan IKAPMI yang selama ini memiliki tangan yang terbalik, tangan tersebut selalu berada di bawah, padahl kita semuanya telah tahu bahwa tangan di atas itu lebih baik dari pada tangan di bawah. Di akhir sambutannya beliau menyempatkan untuk menycurahkan curhatnya kepada para alamni pesantren Ummul Quro, beliau menycurahkan permasalahannya tentang bangsa Indonesia yang telah tertinggal jauh oleh bangsa-bangsalain, padahal dahulu bangsa-bangsa asing yang berdatangan ke negara Indonesia ini hanya untuk belajar, sehingga di jaman sekarang keadaan berubah, bangsa Indonesia yang dulu didatangi oleh pelajar asing kini justru pelajar Indonesia yang harus belajar dan datang ke negara-negara asing, hal itu karna bangasa Indonesia sudah tertinggal jauh oleh bangsa-bangsalain, “marilah kita ubah bangsa kita dengan mengubah diri kita sendiri, karena keadaan bangsa kita yang seperti ini akan bisa mengejar ketertinggalan-ktertingglan yang kita alamai saat ini” tandas Ust. Saiful Falah.
Setelah sambutan-sambutan yang di isi oleh ketua panitia dan ketua IKAPMI priode 2005-2010. Master Of Ceremony Ust. Dicky Mulyanto mnynerahkan jalannya acara ini untuk pembacaan dan pengesahan tata tertib sidang serta pembacaan STATUTA yang di serahkan kepada pimpinan sidang Ust. Sumul Ahmad dan Ust. Mulya Amirullah, Ust. Sumul Ahmad dan Ust. Mulya Amirullah segera bertindak lansung menguasai meja sidang dan berperan sebagai penengah musyawarah besar tentang pemilihan ketua IKAPMI ini, pembacaan ini berlangsung menegangkan karna beberapa dari alaumni banyak yang memberika komentar-komentar atau opsi yang berbeda-beda,musyawarah besar ini terus berjalan hingga waktu menunjukan pukul 12:00 tidak lama kemudian musyawarah di tunda dengan istirahat, shalat makan (ISHOMA). Setelah ISHOMA musyawarah ini terus di lanjutkan dengan di selingi beberapa hiburan yang sudah di sediakan oleh panitia, pembacaan tata tertib sidang dan STATUTA ini berjalan dengan khidmat dengan rasa kekeluargaan karena rasa kekeluargaan ini muncul dari tiap-tiap alumni yang hadir.
Akhirnya tibalah di acara inti yang sudah di tugnggu-tunggu oleh para alumni Ummul Quro, acara inti ini adalah perkenalan sekaligus pemaparan visi dan misi bakal calon ketua IKAPMI masa bhakti 2010-2015 yang mana para calon ini di pilih berdasarkan perwakilan dari tiap-tiap angkatan, akan tetapi angkatan pertama, kedua, ketiga, dan ke empat tidak mengirimkan atau mengutus perwakilannya untuk menjadi calon ketua IKAPMI, jadi yang mencalonka untuk menjadi ketua IKAPMI hanyalah angatan ke lima, enam, dan angkatan ke sembilan dan dari tiap angkatan tersebut, mengirimkan dua orang calon yang sudah di sepakati oleh angkatan yang bersangkutan, sehingga terpilihlah calon ketua IKAPMI ini antaralain :
1. Ust. Hamdani
2. Ust. M Irfan
3. Ust. Rahmat Saiful B
4. Ust. Titip Barkah
5. Ust. Jejen Syukrillah dan
6. Ust. Fajar Darussalam
Setelah para calon ketua ini memaparkan visi dan misi nya untuk menjadi ketua, tiba-tiba para alumni menyepakati Ust. Titip Barkah dipilih untuk menjadi ketua IKAPMI priode 2010-2015 yang terpilih secara aklamasi oleh para alaumni, sedangkan semua sisanya menjadi calon wakil ketua IKAPMI, hal ini mengubah format cara pemilihan yang sudah di siapkan oleh panitia sehingga proses pemilihan harus di tunda beberapa menit untuk perubahan format yang tersedia oleh panitia. Pemilihan ketua IKAPMI ini berbeda daripada pemilhan ketua-ketua lainnya, biasanya suara di ambil lewat pencoblosan atau pencontrengan yang biasa dikenal oleh masyarakat awam, akan tetapi perosos pemungutan suara wakil ketua IKAPMI ini menggunakan format internet (online vote page) yang sudah disiapkan oleh panitia sebelumnya, cara pemilihannya, alumni yang ingin memilih harus mengkilik nama calon wakil di laptop online dan diteruskan mengkilik tombol vote di bawah tampilan internet online yang sudah di sediakan, tanpa rekayasa suara tersebut langsung terkumpul dan masuk sesuai nama yang di pilih oleh alumni.
Sehingga dari hasil pemungutan suara ini nilai suara terbanyak jatuh kepada Ust. Jejen Syukrillah denga nilai suara, 39 suara. Ust.Titip Barkah yang terpilih menjadi ketua IKAPMI baru mengatakan bahwa IKAPMI bisa lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya dan bisa meningglakan diskriminasi sosial serta perbedaan-perbedaan antar angkatan tanpa menghilangkan etika-etika santri yang ada. Sehingga para alaumni bisa sailing mengnal antara satu samalain baik di dalam Pesantren maupun di luar pesantren, “rencana saya kedepan adalah IKAPMI harus punya lembaga-lembaga usaha yang bisa menghasilkan kas IKAPMI untuk memnuhi kebutuhan-kebutuhan IKAPMI kedepan” ujar Ust. Titip.
Di penghujung acara, semua alumni Pesntren Ummul Quro bersilaturahmi ke rumah Pimpinan Pesantren dan mengesahkan ketua IKAPMI beserta wakilnya di hadapan Pimpinan Pesantren Ummul Quro Al-Islami KH Helmiy Abdul Mubin Lc. Sehingga silaturahmi dan nasehat-nasehat Pimnpinan Pesantren menjadi penutup acara pemilihan ketua IKAPMI priode 2010-2015 ini.

1 komentar: