Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

UJIAN SEMESTER PERTAMA


Ujian semester Pertama meupakan ujian yang biasa di adakan di sekolah-sekolah baik di Pesantren ataupun sekolah nonPesantren, umumnya ujian di sekolah terbagi menjadi dua semester yaitu semester pertam (semester ganjil) dan ujian semester kedua, Agar santri mengetahui sejauhmana ilmu yang telah di peroleh dari para asatidz selam satu semester ini, Pondok Pesantren Ummul Quro selalu mengadakan ujian semester pertama sebagiamana sekolah-sekolah yang ada di luar pesantren.
Suasana yang tenang dan sepi di Pesantren Ummul Qura, para santripun sibuk belajar dan menghafal pelajaran disetiap harinya, karena mereka dihadapkan dengan ujian semester pertama, ujian di Pesantren Ummul Quro berbeda dengan ujian di sekolah-sekolah biasa, Ujian di Pesanteren Ummul Quro terbagi menjadi dua sesi yakni ujian lisan dan tulisan, pada minggu pertama ujian ini diisi dengan ujian lisan selama lima hari, senin (29 November-3 Desember 2010 lalu) dan diteruskan dengan ujian tulisan yang diadakan selama empat minggu tiga hari (5 Desember 2010-5 Januari 2011).
Kyai kita, KH Helmiy Abdul Mubin Lc Pimpinan Pondok Pesantren Ummul Quro tercinta, selalu berharap kepada kita semua, dengan diadakannya ujian semester pertama ini supaya para santri bisa bersandar pada diri mereka sendiri dan tidak mengandalkan orang lain, seperti; menyontek, membawa catatan kedalam kelas, bertanya kepada oranglain dan membari jawaban kepada orang lain. Selain itu, beliau juga berharap adanya ujian ini bisa mengevaluasi KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang telah di terapkan di Pesantren Ummul Quro Al-Islami apakah sudah mencapai maksimal atau sebaliknya. Ilmu pengetahuan para santri juga akan terus bertambah karena dengan diadakannya semester pertama maka seluruh santri haruslah belajar dengan sungguh-sungguh “ujian semester pertama ini sangatlah penting, karena ujian semester pertam akan membantu nilai ujian di semester kedua nanti” tegas KH Hemiy Abdl Mubin Lc dalam upacara bulanan.
Semua santri Ummul Quro diwajibkan untuk mengikuti ujian semester pertama ini, karena ujian semester pertama adalah salah satu syarat untuk mengikuti ujian semester kedua yang menetukan naik atau tidaknya seorang pelajar kejenjang yang lebih tinggi, hasil belajar selama satu semester ditentukan dengan beberapa hari di ujian semester, maka dari itu kita sebagai pelajar hendaklah belajar dengan sungguh-sungguh, pak Kyai pernah mengatakan atau memberikan nasihat di tengah apel bulanan berlangsung, belajarlah minimal satu bulan sebelum ujian, supaya kalau waktunya telah tiba kita tak perlu repot-repot lagi belajar, coba kita lihat kaka-kaka kita yang telah berhasil seperti Ust. Saiful Falah bisa mengikuti program English Short Course di Universitas Sains Malaysia selam 2 bulan, Ust. Aaz Nur Zaman Lc, yang telah menyelesaikan studynya di Libiya, Ust. H. Muhammad Husaini Lc alumnus Ma’had Al-Ulum Sultona Oman, Ust. Asep Saefullah Umar yang telah menginjakkan kakinya ke negeri ratu Elizabeth (Inggris), Ust. Ridwan Agustiawan yang telah berangkat ke Yaman dan masih banyak lagi ustadz-ustadz kita yang belajar di negri oranglain, semua prestasi mereka paptuu kita ikuti jejak kakinya. Mereka adalah contoh kaka-kaka kita yang telah berhasil, keberhasilan yang mereka raih dicapai bukan tanpa persiapan pastinya mereka butuh persiapan yang matang. Oleh karena itu hendaklah harus siap agar bisa menghadapi ujian dikala ujian itu datang.
Biasanya di tengah ujian semester pertama ini kita akan diselingi dengan tahun baru, di mana pada tahun baru ini kita akan meninggalkan tahun 2010 dan menyambut kedatangan tahun 2011, bagaimana cara kita untuk menyikapi tahun baru ini? Ada baiknya pada tahun baru ini kita mulai dengan niat yang baru pula disertai dengan do’a agar di tahun ini kita semua bisa menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya yang telah kita lewati. Mungkin kegiatan ujian yang berselingan dengan tahun baru ini adalah tantangan bagi kita semua, bagaimana caranya untuk melupakan perayaan tahun baru dan terus focus kepada ujian yang kita hadapi.
Disaat tahun baru tiba Santri di Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami ini sengaja disibukkan dengan ujian semester pertama untuk menekuni kitab-kitab pelajaran yang sangat tebal dalam rangka menghadapi ujian, tidak hanya sampai di situloh ketika ujian selesaipun santri di Pesantren ini tidak diperkenankan untuk pulang, mungkin berat tapi percayalah ada rahasia Tuhan dan rencana baik di balik yang dialami kita semua di sini, “mudah-mudahan ujian semester pertam ini nilai kita mumtaz-mimtaz yah, amin” salam penulis. (Rep GS, Arif Abdurrahman/MA Ummul Quro)

1 komentar: