Layanan

"Selamat Datang Di Blog Peribadi Saya, Semoga dengan mengujungi Blog ini anda dapat mendapatkan informasi-informasi yang saya buat. Segala kekuarangannya saya minta maaf..."

kontain

Cam 1

Sabtu, 11 Desember 2010

Ibu Ecih, Garap Arisan Idul adha

Oleh : Arif Abdurrahman/MA Ummul Quro Al-Islami
Kebiasaan kaum perempuan mulai dari usia dini hingga yang tua khususnya para ibu-ibu rumah tangga (RT) yang keseharinya cuman ngerumpi atau ngobrol sesama kaumnya, para ibu-ibu rumah tangga ini selalu mengadakan arisan tahunan idul adha, yang mana arisan ini berawal dari rencana mulut ke mulut hingga di garap secara serius oleh mereka. Seperti yang di lakukan ibu Ecih, sudah tiga tahun ini ibu Ecih selalu mengadakan arisan idul adha di Majlis Tal’lim Al-Qautsar lewiliang Bogor, kegiatan arisan ini selalu ia lakukan dan di ajukan kepada kaum ibu-ibu Majlais Ta’lim Al-Qautsar yang menjadi objek arisannya.
Untuk mempererat tali silaturahmi antar ibu-ibu di Majlis Ta’lim, ibu dua anak ini rela meluangkan waktunya untuk merealisasikan arisan idul adha demi kemajuan dan kepentingan kas di Majls Ta’lim serta untuk menutupi kebutuhan sehari-hari “awalnya kaum ibu-ibu ngadain arisan idul adha hanya untuk kepentingan kas di Majlis” ujar ibu Ecih kordinator arisan idula dha di Majlis Ta’lim Al-Qautsar.
Hasil atau keuntungan dari arisan tahunan ini ia bagi menjadi dua bagian. Keuntungan bagian pertam ia masukan untuk kas Majlis Ta’m Al-Qautsar yang nantinya akan di salurkan kepada orang-orang membutuhkan, seperti kaum dhuafa anak yatim, kaum ibu-ibu yang sakit dan kepada orang-orang yang terkena musibah. Keuntungan bagian kedua ia pakai untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari dan membiayai kedua anaknya untuk sekolah, ibu Ecih juga mengaku kalu pekerjaan arisan ini hanyalah pekerjaan sampingan saja, adapun pekerjaan yang biasa ia lakukan sehari-hari adalah menjadi ibu cuci di Pesantren Ummul Quro, “ngurusin arisan juga ada enak sama pusingnya, ibu-ibu kalau sudah nggak pada bayar saya teh kepusingan buat nombokinnya” ujar ibu Ecih, sambil geleng-gelng kepala.
Arisan idul adha memang sudah menjadi tradisi kaum perempuan yang sudah berumah tangga, apalagi kaum ibu yang punya waktu luang, menurut mereka arisan merupakan salah satu kebiasaan yang positif agar mereka terbiasa mnyisihkan uang setiap hari walau dengan nominal yang rendah “kalau arisan itu nantinya kita jadi terbiasa menyisihkan uang untuk simpanan, dan hasilnya juga bukan untuk di makan sendiri akan tetapi bakal di nikmatin sama keluarga juga” jelas Ibu Itoh ibu cuci di Pesantren Ummul Quro yang juga ibu pengajian Majlis Ta’lim Al-Qautsar.

1 komentar:

  1. Oakley Titanium Glass Glass Case
    › product-detail › titanium ore shop micro hair trimmer › oakley-titanium-glass › product-detail › shop › oakley-titanium-glass Oakley benjamin moore titanium Titanium Glass is an open-air glass case with a stainless ford titanium steel glass base. Perfect for storing in your home, office, titanium rings for women and office. Rating: 4.3 9 reviews

    BalasHapus